APAKAH GAMBAR BISA MENGHYPNOSIS ?

APAKAH GAMBAR BISA MENGHYPNOSIS ?

Seorang konsultan pemasaran pernah bercerita kepada saya. Cliennya seorang pengusaha di bidang gergaji mesin, ingin meningkatkan penjualannya dan meminta beliau untuk membuat iklan yang bisa membantunya.

Beliau kemudian membuat iklan dengan gambar seorang wanita seksi, sedang memegang gergaji listrik dengan pose yang menantang. Apa hubungan wanita seksi dan gergaji listrik?

Konsultan pemasaran itu tahu bahwa user dari peralatan ini adalah laki laki, dan mereka jarang ketemu wanita cantik. Asosiasi “menyenangkan” dari wanita seksi yang diasosiasikan dengan produk gergaji itu segera meningkatan penjualan gergaji listrik sang Pengusaha.

Orang selalu menyukai apa yang diasosiasikan dengan sesuatu yang menyenangkan. Ketika Gergaji listrik diasosiasikan dengan wanita yaang disukainya, maka bawah sadar pembeli yang terasosiasi akan cenderung menyukainya.

Ngomong ngomong mengenai asosiasi, ternyata asosiasi sangat efektif untuk mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk memilih suatu produk. Ketika merek Sabun cuci terkenal dikepung oleh produk produk lain yang memasang harga murah, produsennya segera mengalami penurunan dalam penjualannya.

Dulu mereka menggunakan slogan “membersihkan lebih bersih”.  Kemudian yang lain melawannya dengan “lebih wangi”,  “tanpa harus mengucek” dan lain lain. Apa yang yang dilakukan oleh marketing pabrik sabun itu adalah dengan menggunakan teknik asosiasi.

Dalam iklannya digambarkan seorang anak yang kotor karena membuat bangunan dari pasir. Dalam narasi disebutkan” jangan halangi bakatnya, karena dia akan menjadi arsitek yang hebat”.  Dalam iklan ini Sabun cuci merek tertentu ini diasosiasikan dengan “calon arsitek hebat”. Dan ketika iklan ini dimunculkan, tercatat peningkatan penjualan yang signifikan.

Dalam suatu survey, Sang konsultan bertanya kepada responden yang ditemuinya,” Mengapa ibu memilih sabun cuci ini ?”. Si ibu responden menjawab,”Saya kan pingin anak saya jadi arsitek”.

Gambar media masa bisa menghypnosis anda, tergantung kemampuan pembuat iklan untuk menciptakan asosiasi yang pas terhadap kepentingannya.

Begawan Tung
begawantung.blogspot.com


Posting Komentar untuk "APAKAH GAMBAR BISA MENGHYPNOSIS ?"